Selasa, 02 Agustus 2016

Mengenal Penyakit Ayam

1. Penyakit Ngorok (Chronic Respiratory Disease). Adalah penyakit akibat infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri. Gejala yang nampak adalah ayam sering bersin dan ingus keluar lewat hidung dan ngorok saat bernapas. Pada ayam muda menyebabkan tubuh lemah, sayap terkulai, mengantuk dan diare dengan kotoran berwarna hijau. Penularan melalui pernapasan dan lendir atau melalui perantara seperti alat-alat. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat-obatan yang sesuai. Penyakit ini tergolong mudah diatasi.

2. Gumboro (Infectious Bursal Disease/IBD). Adalah  penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang disebabkan virus golongan Reovirus. Gejala diawali dengan hilangnya nafsu makan, ayam suka bergerak tidak teratur, peradangan disekitar dubur, diare dan tubuh bergetar-getar. Penularan secara langsung melalui kotoran dan tidak langsung melalui pakan, air minum dan peralatan yang tercemar. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan, vaksin Gumboro adalah yang dapat dilakukan adalah pencegahan


3. Berak Kapur (Pullorum). Disebut penyakit berak kapur karena gejala yang mudah terlihat adalah ayam diare mengeluarkan kotoran berwarna putih dan setelah kering menjadi seperti serbuk kapur. Disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum. Kematian dapat setelah terinfeksi. Penularan melalui kotoran. Pengobatan belum dapat memberikan hasil yang memuaskan, yang sebaiknya dilakukan adalah pencegahan dengan melakukan pembersihan kandang.


4. Tetelo (Newcastle Disease/ND). Adalah penyakit yang disebabkan virus Paramyxo yang bersifat menggumpalkan sel darah. Gejalanya ayam sering mangap-mangap, nafsu makan turun, diare dan senang berkumpul pada tempat yang hangat. Setelah itu muncul gejala syaraf, yaitu kaki lumpuh, leher berpuntir dan ayam berputar-putar yang akhirnya mati. Ayam yang terserang secepatnya dipisah, karena mudah menularkan kepada ayam lain melalui kotoran dan pernafasan. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan, maka untuk mengurangi kematian, ayam yang masih sehat divaksin ulang.

Semoga bermanfaat,, terimakasih.

Info bertanam...
Global info...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar